Indomie sebagai Pilihan Masyarakat Indonesia



            Tuntutan akan kecepatan dan kepraktisan yang hampir menyentuh seluruh aspek kehidupan dan kelompok masyarakat melahirkan budaya instan termasuk pada hal makanan. Banyak sekali makanan instan, salah satu jenis makanan instan yang cukup popular adalah mi instan. Keberadaan mi instan di Indonesia bisa dikatakan luar biasa. Hampir di segala penjuru kita dapat menemuinya.

Salah satu produk makanan instan ini adalah mie indomie. Mie instan yang pertama kali hadir dan sampai  sekarang memimpin pasar mi instant di Indonesia ini, telah melakukan banyak terobosan dalam menjaga keutuhan pangsa pasar dan bahkan meningkatkannya. Salah satu produk Indomie yang diluncurkan adalah dalam program Lintas Budaya Nusantara adalah Indomie Selera Nusantara (ISN). ISN merupakan hasil dari pengembangan produk yang mengangkat cita rasa makanan khas daerah di Indonesia. Selain itu, harga yang cukup terjangkau dan varian rasa yang beragam yang kemudian menyebabkan konsumen untuk memutuskan membeli produk mie instan merk indomie. Serta kualitas yang selalu terjaga sehingga konsumen tetap bertahan pada mie instan merk indomie tersebut.

            Dari penuturan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen memilih indomie.
Faktor-Faktor Masyarakat memilih Indomie :

Efisiensi
Dalam segi Keefisiensian mie instant merupakan makanan yang praktis, mudah dalam proses memasak juga dalam proses penyajiannya. Bumbu yang dibutuhkan pun sudah ada didalamnya dengan takaran yang sesuai hingga menghasilkan rasa yang pas dan enak. Dan salah satunya terdapat di merek Indomie walaupun di merek-merek mie instant lainnya juga seperti itu.

Waktu
Dari zaman Orang Tua kita hingga anaknya besar dan mungkin bahkan sudah menikah sekarang , mereka tetap memilih produk Indomie dalam membeli mie instant karena sudah terpercaya rasa dan kualitasnya. Walaupun beberapa tahun yang lalu Negara luar sempat menarik produk Indomie dari Negara mereka tapi konsumen Indoenesia tetap memilih produk Indomie.

Inovasi
            Perubahan selalu terjadi. Tentunya makanan baru selalu bermunculan, namun untuk meredam hal itu Indomie telah melakukan suatu inovasi yaitu sperti yang dipaparkan di atas mengeluarkan produk “ISN”. Dengan hal semacam ini konsumen bisa mencoba varian rasa yyang berbeda.

Budaya
Faktor Budaya di Indonesia yang mengidentikkan Indomie sebagai trademark mie instant. Setiap kali konsumen ingin membeli mie instant pasti konsumen selalu berkata “Ibu beli Indomie nya satu “ kata-kata itu selalu yang diucapkan konsumen , meski stock Indomie di warung tersebut habis rata-rata konsumen selalu menyebutkan kata Indomie terlebih dahulu setiap membeli mie instant.




0 komentar:

Posting Komentar