Tuntutan
akan kecepatan dan kepraktisan yang hampir menyentuh seluruh aspek kehidupan
dan kelompok masyarakat melahirkan budaya instan termasuk pada hal makanan. Banyak
sekali makanan instan, salah satu jenis makanan instan yang cukup popular
adalah mi instan. Keberadaan mi instan di Indonesia bisa dikatakan luar biasa. Hampir
di segala penjuru kita dapat menemuinya.
Salah satu produk makanan instan ini adalah mie
indomie. Mie instan yang pertama kali hadir dan sampai sekarang memimpin pasar mi instant di Indonesia
ini, telah melakukan banyak terobosan dalam menjaga keutuhan pangsa pasar dan
bahkan meningkatkannya. Salah satu produk Indomie yang diluncurkan adalah dalam
program Lintas Budaya Nusantara adalah Indomie Selera Nusantara (ISN). ISN
merupakan hasil dari pengembangan produk yang mengangkat cita rasa makanan khas
daerah di Indonesia. Selain itu, harga yang cukup terjangkau dan varian rasa
yang beragam yang kemudian menyebabkan konsumen untuk memutuskan membeli produk
mie instan merk indomie. Serta kualitas yang selalu terjaga sehingga konsumen
tetap bertahan pada mie instan merk indomie tersebut.
Dari
penuturan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi
keputusan konsumen memilih indomie.
Faktor-Faktor Masyarakat memilih Indomie :
Efisiensi
Dalam segi Keefisiensian mie instant
merupakan makanan yang praktis, mudah dalam proses memasak juga dalam proses
penyajiannya. Bumbu yang dibutuhkan pun sudah ada didalamnya dengan takaran
yang sesuai hingga menghasilkan rasa yang pas dan enak. Dan salah satunya
terdapat di merek Indomie walaupun di merek-merek mie instant lainnya juga
seperti itu.
Waktu
Dari zaman Orang Tua kita hingga anaknya
besar dan mungkin bahkan sudah menikah sekarang , mereka tetap memilih produk
Indomie dalam membeli mie instant karena sudah terpercaya rasa dan kualitasnya.
Walaupun beberapa tahun yang lalu Negara luar sempat menarik produk Indomie
dari Negara mereka tapi konsumen Indoenesia tetap memilih produk Indomie.
Inovasi
Perubahan
selalu terjadi. Tentunya makanan baru selalu bermunculan, namun untuk meredam
hal itu Indomie telah melakukan suatu inovasi yaitu sperti yang dipaparkan di
atas mengeluarkan produk “ISN”. Dengan hal semacam ini konsumen bisa mencoba
varian rasa yyang berbeda.
Budaya
Faktor Budaya di Indonesia yang
mengidentikkan Indomie sebagai trademark mie instant. Setiap kali konsumen
ingin membeli mie instant pasti konsumen selalu berkata “Ibu beli Indomie nya
satu “ kata-kata itu selalu yang diucapkan konsumen , meski stock Indomie di
warung tersebut habis rata-rata konsumen selalu menyebutkan kata Indomie
terlebih dahulu setiap membeli mie instant.
0 komentar:
Posting Komentar