Lingkungan Bisnis

Dalam tulisan saya sebelumnya  yaitu ”Tahu Kentucky”,  produk tersebut bisa dikatakan menjajikan bila dilihat dari beberapa segi lingkungan bisnis, antara lain yaitu :

Lingkungan Ekonomi
Lingkungan ekonomi mencakup daya beli, pendapatan dan harga. Penentuan harga produk tergantung kondisi biaya produksi. Untuk bahan pokok terbilang murah untuk makanan sehat dan bergizi. Kenaikan harga bahan pokok tidak akan terlalu signifikan, namun untuk biaya produksi lainnya seperti minyak goreng dan transportasi tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu sebagai produsen tentunya sudah memprediksikan hal tersebut.  Selain itu masalah daya beli masyarakat sepertinya dapat dijangkau karena melihat kebanyakan anak sekolah ataupun masyarakat ini dengan harga tersebut dapat menikmati makanan yang sehat dan bergizi. Tapi, harga akan tetap melihat dari kemampuan daya beli masyarakat dan tetap menuju pada keuntungan yang maksimal.

Lingkungan Alam
Pengaruh alam tidak akan berpengaruh langsung pada Tahu Kentucky yang dijual, karena makanan seperti ini bisa dimakan kapanpun, namun lingkungan alam contohnya cuaca akan mengganggu pada pengiriman bahan baku. Mengingat kondisi cuaca yang makin tidak menentu akhir-akhir ini, hal tersebut dapat mengganggu penjualan yang dilakukan setiap harinya. Maka dari itu harus mencari supplier yang memiliki pengantaran yang baik sehingga pengiriman dapat berjalan dengan baik begitu juga dengan penjualannya.

Lingkungan Sosial
Perubahan sosial tentunya sangat berparuh dalam hal ini. Sekarang ini, banyak makanan yang mengandung bahan berbahaya. Masyarakat pada umumnya mencari makanan yang sehat. Oleh karena itu produk ini bisa menjadi sebuah makanan yang diharapkan bisa memenuhi hal tersebut, juga dengan harganya yang terjangkau makanan ini bisa dinikmati oeleh semua kalangan. Hal lainnya adalah masalah sosialisasi menjadi hal yang penting dalam penjualan, selain masalah harga, kepercayaan antara penjual dan pembeli akan menjadi nilai tambah bagi usaha ini. Jika terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar maka dapat dimungkinkan pasar akan semakin meluas dan dapat meningkatkan penjualan.

Teknologi
Kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada usaha ini. Dengan semakin majunya teknologi, maka usaha ini bisa lebih leluasa dalam menyanggupi kebutuhan konsumen. Dengan bantuan teknologi maka penjualan produk ini akan memungkinkan semakin cepat memenuhi kebutuhan konsumen. Yang seperti kita ketahui era kini adalah era informatika, maka hal ini dapat membantu dalam proses sosialisasi produk ini, kita bisa berbagi informasi lewat hp, facebook amaupun situs-situs jejaring sosial lainnya. Karena hampir setaiap orang memilikinya.

Hukum
Masalah hukum yang dihadapi dapat berupa izin usaha, perjanjian antara distributor, supplier dan produsen. Tentu saja jika semua itu tidak dilakukan maka akan menimbulkan kerugian pada semua pihak yang terkait. Karena sekarang ini banyak makanan berbahaya, dengan addanya izin dari pemerintah berupa izin usaha, BPOM, Depkes maka konsumen akan semakin percaya pada produk kita. Oleh karena itu, ketaatan pada hukum yang berlaku akan menjadi keuntungan bagi semua pihak.

Lingkungan Persaingan
Dilingkungan ini usaha jual jajanan sehat tentunya akan semakin banyak untuk ke depannya. Namun sekarang belum banyak makanan ( jajanan) khususnya untuk anak sekolah hal tersebut. Persaingan dapat terjadi dengan orang-orang yang kreatif bisa membaca peluang usaha dan mau ambil resiko. Tapi untuk jajanan anak sekolah jarang dilihat, oleh karenanya hal ini bisa menguntungkan produk ini. Namun untuk kedepannya harus ada peningkatan baik dari segi kualitas maupun segi lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar